JANNATII

Usia terbaik menghafal Al Quran

Untuk anak-anak..

Usia berapa sih yang pas untuk anak-anak menghafal Al Quran?

Tidak ada kata terlambat

Memang betul tidak ada kata terlambat bagi siapa saja yang ingin menghafalkan Alqur’an. Begitu juga untuk anda yang sudah terlanjur dewasa, terlanjur disibukkan oleh pekerjaan, dan yang sudah terlanjur dimakan usia.

Namun begitu, usia yang paling ideal dan baik untuk menghafalkan Al Quran adalah di usia lima tahun sampai kira-kira dua puluh lima tahun.

Usia keemasan menghafal Al Quran

Itulah usia keemasan untuk menghafal Alqur’an. Kurang dari lima tahun orang masih belum bisa berbuat banyak dalam masalah ini, walaupun ada anak-anak yang masih di bawah umur lima tahun sudah bisa menghafalkan Alqur’an, seperti yang diceritakan dalam buku “Balita pun Hafal Al-Qur’an” buah tangan akhinal karim Salafuddin Abu Sayyid. Ketika usia sudah melebihi angka dua puluh lima tahun, mayoritas orang sudah mulai cenderung mengalami penurunan dan susah untuk menghafal.


Sudah pernah tau tentang ini ?

“Belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu, dan belajar sesudah dewasa bagai mengukir di atas air”

Para Ulama terdahulu mulai menghafal Al Quran

Dalam sejarah Islam, para ulama terbiasa menghafal 30 juz Al-Quran sejak usia 5 hingga 8 tahun. Al-Imam Asy-Syafi’i bahkan telah menghafal kitab tebal karya Imam Malik, Al-Muwaththa’, ketika berusia 15 tahun. Sehingga wajar bila para ulama di masa lalu bukan hanya ahli di bidang tafsir, hadits, fiqih dan ushul, tetapi juga mereka ahli di bidang ilmu pengetahuan dan sains.

Potensi anak dalam menghafal Al Quran harus dioptimalkan, sebelum terlambat...

Oleh karena itu, kita harus bisa memanfaatkan usia keemasan tersebut untuk menghafal Alqur’an. Bagi orang tua harus cermat memanfaatkan potensi kecerdasan anak untuk menghafalkan Al Qur’an di usia dini, karena menghafal di usia tersebut sangat cepat dan tepat dan akan menghasilkan hafalan yang kuat dan tidak mudah lupa. Sangat berbeda hasil yang akan dicapai ketika menghafal di usia yang tidak lagi ideal, biasanya cepat hafal namun cepat pula lupanya.


Diantara metode yang bagus dalam mengajarkan hafalan Al Qur’an Al Karim adalah sebagai berikut

Ada 8 point yang bisa kita ikuti

1


Orang tua yang memulai mengajarkan menghafal

Hendaknya yang mulai mengajarkan hafalan Qur’an adalah kedua orang tuanya. Karena secara umum, pada seumur itu mereka belum bisa memiliki pelafalan yang stabil dan masih sulit memfokuskan diri untuk melafalkan bacaan dengan benar

2


Mengulang-ulang bacaan al quran

Hendaknya mendiktekan surat-surat pendek kepada anak, dan mengulang-ulang ayatnya. Jika ayatnya panjang, bisa dipotong-potong menjadi beberapa kalimat. Sampai mereka bisa mampu melatihnya dan mengulang-ulangnya sendiri tanpa didikte.

3


Menggunakan media rekaman

Menggunakan beberapa media rekaman murattal yang dapat membantu anak menghafal Qur’an. Misalnya rekaman murattal Al Hushari.

4


Membuat proses menghafal menyenangkan

Menjelaskan makna-makna ayat dengan penjelasan yang menyenangkan. Misalnya dengan dibumbui candaan dan permisalan-permisalan. Hal ini memudahkan anak untuk menghafal karena jika mereka paham maksud ayat, akan lebih mudah menghafalnya.

5


Pilihlah waktu yang sesuai

Tidak terikat dengan jangka waktu tertentu pada usia-usia awal. Namun ajari mereka jika ada kesempatan dan ketika semangatnya sedang timbul.

6


Memasukkan tempat khusus untuk menghafal al quran

Memasukkan mereka ke halaqah-halaqah atau pesantren yang mengajarkan Al Qur’an. 

Sebagai cacatan penting untuk para orang tua yang tidak hafal atau merasa tidak lagi mampu menghafalkan Alqur’an, namun mendambakan putra-putrinya menjadi anak yang shaleh, penghafal Al Qur’an, menjadi pribadi yang santun dan berakhlak mulia, maka teguhkan niat yang kuat. Menitipkan kepada Guru atau Mursyid yang akan menuntun mereka.


7


Selalu memberi semangat untuk menghafal

Mengerahkan segala upaya terhadap anak yang dapat membuat ia lebih mencintai Al Qur’an dan membakar semangatnya untuk menghafal. Di antaranya dengan memberinya hadiah yang ia sukai setiap kali menghafal panjang ayat tertentu. Selain itu juga tumbuhkan semangat perlombaan menghafal antara ia dengan saudaranya atau antara ia dengan teman-temannya.

8


Menggunakan Al quran khusus hafalan Anak

Menggunakan Al Quran khusus hafalan akan sangat membantu. Kami menyarankan Al Quran Tahfidz Junior.


Jika anda ingin membeli Alquran Tahfiz Junior silahkan klik tombol ini :

Demikianlah caranya. Mengajarkan Al Qur’an kepada anak sejak kecil membuahkan banyak kebaikan dan pahala. Hendaknya para orang tua bersemangat mengajarkan anak mereka sejak dari kecil, semoga dari itu semua mereka mendapatkan pahala yang besar insya Allah.

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:


Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya

(Muttafaqun ‘alaihi)

Copyright 2018, JANNATII

Disclaimer  |  Privacy